16 Jenis-Jenis Penyakit Mata Dan Gejalanya

16 Jenis-Jenis Penyakit Mata Dan Gejalanya

Perlu anda ketahui karena mata adalah salah satu organ yang penting bagi tubuh anda. Tanpa mata, anda tidak bisa melihat dunia dan seisinya. Tanpa mata, andapun tak bisa melihat orang-orang yang anda sayang. Cobalah anda tengok orang yang buta, pastilah mereka sangat ingin bisa melihat dunia walaupun hanya sedetik. Sehingga, bagi anda yang dianugerahi penglihatan yang normal, tak ada salahnya anda berusaha untuk selalu menjaga mata anda agar tetap sehat. Dan jangan lupa ketahui gangguan-gangguan pada mata agar anda bisa mencegahnya sejak dini. Berikut ini informasi selengkapnya.

16 Jenis - Jenis Penyakit Mata Yang Perlu Anda Ketahui :

1. Miopi

http://suplementmata.blogspot.com/2016/05/16-jenis-jenis-penyakit-mata-dan.htmlMiopi yakni jenis penyakit mata yang seseorang yang tidak dapat melihat benda yang berjarak jauh. Biasanya terjadi pada pelajar.dapat dibantu dengan kacamata berlensa cekung. Hipermetropi Hipermetropi yaitu seseroang yang tidak dapat melihat benda yang berjarak dekat dari mata. Dapat dibantu dengan kacamata berlensa cembung.

2. Presbiopi


Presbiopi adalah salah satu jenis penyakit mata seseorang yang tidak dapat melihat benda yang berjarak dekat maupun berjarak jauh.Dapat dibantu dengan kacamata berlensa rangkap. Biasa terjadi pada lansia. Kerabunan dan kebutaan Buta berarti seseorang tidak dapat melihat benda apapun sama sekali. Buta bisa saja diakibatkan keturunan, maupun kecelakaan. Rabun berarti seseorang hanya dapat melihat dengan samar-samar. Orang-orang yang buta maupun rabun biasanya “membaca” dengan jari-jarinya. Ini disebut huruf Braille.

3. Buta warna

Buta warna adalah suatu kondisi dimana seseorang sama sekali tidak dapat membedakan warna. Yang dapat dilihat hanyalah warna hitam, abu-abu, dan putih. Buta warna biasanya merupakan penyakit turunan. Artinya jika seseorang buta warna, hampir pasti anaknya juga buta warna. Katarak adalah suatu penyakit mata di mana lensa mata menjadi buram karena penebalan Lensa Mata dan terjadi pada orang lanjut usia (lansia). Astigmatis = ketidakaturan lengkung – lengkung permukaan bias mata yang berakibat cahaya tidak fokus pada satu titik retina(bintik kuning). Dapat dibantu dengan kacamata slinder/Operasi refraktif.

4. Rabun senja

Rabun senja adalah jenis penyakit mata yang disebabkan karena mata kekurangan vitamin A. Penderita biasanya tidak bisa melihat pada saat sore hari saja.
5. konjungtivitis (menular)

Adalah jenis penyakit mata akibat iritasi atau peradangan akibat infeksi di bagian selaput yang melapisi mata.

Gejalanya mata memerah, berarir, terasa nyeri, gatal, penglihatan kabur, dan keluar kotoran. Penyakit mata ini mudah menular dan bisa berlangsung berbulan-bulan. Beberapa faktor menjadi penyebabnya, seperti infeksi virus atau bakteri, alergi (debu, serbuk, angin, bulu atau asap), pemakaian lensa kontak dalam jangka waktu panjang dan kurang bersih. Bayi pun bisa mengalami sakit mata, hanya penyebabnya berbeda yaitu karena infeksi ketika melewati jalan lahir.

Pada bayi, penyakit ini disebut konjungtivitis gonokokal dan umumnya mata bayi baru lahir akan ditetesi obat mata atau salep antibiotika untuk mematikan bakteri penyebabnya. Jika Anda atau keluarga mengalami penyakit ini, lakukan penanganannya dengan cara berikut: Kompres mata dengan air hangat Gunakan obat tetes mata atau salep antibiotika seseui resep dokter. Bersihkan tangan sebelum mengoleskan salep agar iritasi tidak tambah parah. Cegah penularan penyakit ke orang lain dengan memisahkan alat-alat yang digunakan oleh Anda dan orang-orang.


6. Trakoma (menular)

Infeksi pada mata yang disebabkan bakteri Chlamydia trachomatis yang berkembang biak di lingkungan kotor atau bersanitasi buruk serta bisa menular.Jenis  Penyakit  mata ini sering menyerang anak-anak, khususnya di negara berkembang. Memiliki gejala : mata memerah, mengeluarkan kotoran, pembengkakan kelopak mata dan kelenjar getah bening dan kornea terlihat keruh.

7. Selulitis Orbitalis (SO)
Jenis Penyakit mata akibat peradangan pada jaringan di sekitar bola mata. Gejalanya mata merah, nyeri, kelopak mata bengkak, bola mata menonjol dan bengkak, serta demam. Pada anak-anak, SO sering terjadi akibat cedera mata, infeksi sinus atau infeksi berasal dari gigi. Dokter biasanya akan melakukan rontgen gigi dan mulut atau CT Scan sinus untuk memastikan penyebabnya.

Jika tidak segera mendapatkan penanganan, penyakit bisa berakibat fatal, seperti buta, infeksi otak atau pembekuan darah di otak. Berikut penanganan yang bisa Anda lakukan : Jika kasus tergolong ringan, dapat diberikan antibiotika secara oral. Pada kasus berat akan diberikan antibiotika melalui pembuluh darah atau melakukan pembedahan untuk mengeluarkan nanah atau mengeringkan sinus yang terinfeksi.


8. Blefaritis

Peradangan yang terjadi pada kelopak mata akibat produksi minyak berlebihan dan berasal dari lapisan mata. Memiliki gejala berupa mata merah, panas, nyeri, gatal, berarti, terdapat luka di bagian kelopak mata dan membengkak, bahkan rontoknya bulu mata. Blefaritis terbagi dua jenis, yaitu blefaritis anterior (peradangan mata bagian luap depan yaitu di melekatnya bulu mata, disebabkan bakteri stafilokukus). Dan blefaritis posterior (peradangan di kelopak mata bagian dalam, bagian kelopak mata dan bersentuhan dengan mata, disebabkan adanya kelainan pada kelenjar minyak) dan blefaritis merupakan jenis penyakit mata harus di tangani dengan baik.

9. Dakrosistitis


Jenis Penyakit mata yang disebabkan penyumbatan pada duktus nasolakrimalis (saluran yang mengalirkan air mata ke hidung). Penyumbatan disebabkan alergi sehingga menyebabkan infeksi di sekitar kantung air mata yang menimbulkan nyeri, warna merah dan bengkak, bisa mengeluarkan nanah dan mengalami demam.


10. Ablasio

Suatu keadaan lepasnya retina sensoris dari epitel pigmen retina (RIDE). keadaan ini merupakan masalah penyakit mata yang serius dan dapat terjadi pada suatu keadaan lepasnya retina sensoris dari epitel pigmen retina (RIDE). keadaan ini merupakan masalah mata yang serius dan dapat terjadi pada usia berapapun, walaupun biasanya terjadi pada orang usia setengah baya atau lebih tua.

Gejala :

a. Floaters (terlihatnya benda melayang-layang). yang terjadi karena adanya kekeruhan di vitreus oleh adanya darah, pigmen retina yang lepas atau degenerasi vitreus itu sendiri.

b. Photopsia/Light flashes(kilatan cahaya). tanpa adanya sumber cahaya di sekitarnya, yang umumnya terjadi sewaktu mata digerakkan dalam keremangan cahaya atau dalam keadaan gelap.

c. Penurunan tajam penglihatan. penderita mengeluh penglihatannya sebagian seperti tertutup tirai yang semakin lama semakin luas. Pada keadaan yang telah lanjut, dapat terjadi penurunan tajam penglihatan yang berat.

d. Ada semacam tirai tipis berbentuk parabola yang naik perlahan-lahan dari mulai bagian bawah bola mata dan akhirnya menutup,penanganan penyakit mata ini perlu isentif.

11. Dakriosistitis

Jenis penyakit mata dimana suatu infeksi pada sakus lakrimalis atau saluran air mata yang berada di dekat hidung.

Gejala :
a. Nyeri, kemerahan,
b. Pembengkakan pada kelopak mata bawah
c. Terjadinya pengeluaran air mata berlebihan (epifora).
12. Glaukoma

Salah satu jenis penyakit mata dengan gejala yang tidak langsung, yang secara bertahap menyebabkan penglihatan pandangan mata semakin lama akan semakin berkurang sehingga akhirnya mata akan menjadi buta

Gejala :

a. Bila memandang lampu neon/sumber cahaya maka akan timbul warna pelangi di    sekitar neon tersebut.
b. Mata terasa sakit karena posisi mata dalam keadaan membengkak.
c. Penglihatan yang tadinya kabur lama kelamaan akan kembali normal.
d. Rasa ingin mengedip terus-menerus dengan menekan kedipan berlebihan


13. Katarak

Jenis penyakit mata sejenis kerusakan mata yang menyebabkan lensa mata berselaput dan rabun. Lensa mata menjadi keruh dan cahaya tidak dapat menembusinya, bervariasi sesuai tingkatannya dari sedikit sampai keburaman total dan menghalangi jalan cahaya. dalam perkembangan katarak yang terkait dengan usia penderita dapat menyebabkan penguatan lensa, menyebabkan penderita menderita miopi, menguning secara bertahap dan keburaman lensa dapat mengurangi persepsi akan warna biru.

Gejala :
a. Penderita katarak akan mengalami pengelihatan yang buram
b. Ketajaman pengelihatan berkurang
c. Sensitivitas kontras juga hilang, sehingga kontur, warna bayangan dan visi d. kurang jelas karena cahaya tersebar oleh katarak ke mata
14. Koloboma

Istilah yang menggambarkan lubang yang terdapat pada struktur mata, seperti lensa mata, kelopak mata, iris, retina, koroid, atau diskus optikus

Gejala :

Kloboma memengaruhi pandangan, tergantung dari tingkat keparahan sesuai dengan ukuran dan lokasi. Misalnya, bila hanya sebagian kecil dari iris yang rusak, pandangan mungkin saja normal. Namun bila terjadi pada retina atau saraf optik, maka pandangan pasien akan rusak dan sebagian besar lapangan pandang akan hilang. Kadang-kadang mata dapat mengecil atau mikroftalmos, dan bahkan pasien dapat menderita penyakit mata lainnya seperti glaukoma.

15. Xerophtalmia

Penyakit mata yang disebabkan oleh keringnya konjungtiva dan kornea mata akibat kekurangan vitamin

Gejala :
a. Rabun senja
b. Berkurangnya kemampuan melihat pada saat hari senja.

16. Xerosis

Jenis penyakit mata yang menyebabkan kekeringan pada kulit tubuh atau pada bagian tubuh lainnya seperti pada mata

Gejala :
Mata terasa kering
Dengan kita mengetahui gejala-gejala tersebut diharapkan kita jadi lebih waspada dan untuk menjegah lebih buruk kondisi tersebut kita dapat segera menangani dengan cara mencari solusi terbaik dalam menghilangkan atau menyembuhkan dari penyakit tersebut,kami berharap artikel singkat kami ini dapat bermanfaat dan berguna bagi anda.

Beberapa penyebab Sakit Mata :

1. Sakit Mata Merah Akibat Debu

Mata merah yang diakibatkan oleh debu biasanya tidak begitu beresiko dan dalam waktu yang cepat dapat sembuh sendiri dan warna merahnya pudar kembali kewarna putih warna mata sehat awalnya. Pada sakit mata merah akibat debu bisa ditangani dengan obat sakit mata menggunakan bahan-bahan herbal alami seperti daun sirih atau cukup mencuci dengan air bersih.

2. Sakit Mata Merah Akibat Alergi

Mata merah karena alergi bisa disebabkan karena beberapa hal misalnya saja debu yang kotor, serbuk sari tanaman, bulu hewan dan beberapa penyebab lain yang membuat mata terasa gatal dan menyebabkan mata menjadi merah. Penanganannya bisa dengan mencuci dengan air mengalir yang bersih dan kompres dengan handuk yang sudah dibasahi dengan air dingin. Pada kasus ini bisa menggunakan obat tetes mata baik yang alami maupun obat tetes mata dari apotek, namun disarankan untuk cek dan ricek obat tetes mata tersebut dengan baik.

3. Sakit Mata Merah Akibat Infeksi (Mata merah keluar air mata dan belekan)

Sakit mata yang menyebabkan mata merah dengan gejala mata terasa gatal dan seperti ada yang mengganjal lalu air mata sering keluar dan tidak nyaman pada mata. Terkadang pada waktu bangun tidur mata susah untuk dibuka karena banyak kotoran mata atau belekan. Penyebabnya bisa karena infeksi bakteri, virus dan jamur. Pada sakit mata merah akibat infeksi dapat menular dengan mudah, untuk itu bagi yang terinfeksi untuk memakai kaca mata dan yang sehat untuk tidak secara langsung bertatap muka dalam jarak yang dekat. Bagi yang sakit mata diharuskan memakai obat tetes mata yang tepat.

Untuk obat sakit mata yang diakibatkan infeksi dengan gejala mata merah keluar air mata secara terus menerus dan belekan bisa menggunakan obat tetes mata yang tepat atau sebaiknya cek ke dokter kesehatan mata yang terdekat agar dapat ditangani lebih maksimal.

- Berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan agar terhindar dari sakit mata, yaitu:

1.  Menghindari menyentuh mata setelah bepergian atau menyentuh barang-barang orang yang sakit mata.

2.  Biasakan untuk selalu mencuci tangan terlebih dahulu atau menggunakan cairan pembersih tangan sebelum menyentuh mata.

3. Menghindari berbagi barang pribadi seperti handuk, kacamata, sapu tangan, perias mata atau lensa kontak dengan orang lain.

4. Sebaiknya tidak mengucek-ucek mata tanpa mencuci tangan terlebih dahulu untuk mencegah goresan mata dan infeksi dari kuman yang mungkin menempel di tangan, karena tangan tidak selalu berada dalam       kondisi steril.

5. Menggunakan pelindung mata seperti kacamata jika berada di tempat-tempat yang berisiko tertular sakit mata atau jika sedang mengendarai sepeda motor agar tidak terkena debu atau angin yang dapat menyebabkan iritasi.

6. Memperhatikan kebersihan dari kacamata atau lensa kontak yang digunakan.

- Tips pengobatan yang Bisa digunakan di rumah untuk sakit mata :

1. Gunakan kompres bersih dan hangat pada mata selama 2-3 menit untuk efek menenangkan.

2. Sebuah balutan di mata yang terbuat dari irisan mentimun dingin juga dapat sangat bermanfaat.

3. Salah satu pengobatan rumah yang populer untuk sakit mata adalah menempatkan bola kapas yang dicelupkan ke dalam air mawar kemudian dileakkan di atas mata selama beberapa menit. Hal ini sangat efektif dalam mengurangi peradangan serta ketidaknyamanan.

4. Cuci mata Anda dengan air atau susu hangat beberapa kali sehari untuk meringankan peradangan sakit mata.

5. Obat lain yang sangat efektif untuk sakit mata adalah aplikasi jus kentang mentah dicampur dengan satu sendok teh minyak.

6. Gel lidah buaya dikenal bermanfaat untuk banyak penyakit dan sakit mata merupakan salah satu penyakit yang bisa disembuhkan dengan gel lidah buaya. Rendam sepotong kain bersih di jus lidah buaya dan usapkan ke daerah mata dengan mengunakan kain lap tadi.

7. Minum jus amla Indian gooseberry, dengan satu sendok teh madu yang ditambahkan ke dalamnya, dua kali setiap hari. Gooseberry India secara efektif melawan infeksi dan meningkatkan kekebalan tubuh secara alami.

8. Ketumbar efektif dalam mengobati sakit mata. Buat ramuan dengan menggunakan beberapa ketumbar dan sedikit air dan menggunakan rebusan ini sebagai cuci mata. Ini membantu anda dalam mengurangi sensasi terbakar serta nyeri jika anda menederita sakit mata.

9. Ekstrak jus dari sayuran seperti wortel, bayam dan parsley. Minum jus ini dua kali sehari untuk memulihkan dan meringankan penyakit sakit mata anda.

10. Asupan vitamin A dan asam lemak makanan yang kaya asam lemak omega-3 juga dapat membantu dalam mengobati sakit mata. Faktor lain yang menentukan kesehatan mata Anda menjaga kebersihan, hindari menggosok mata Anda, mengenakan kacamata hitam dan mengistirahatkan mata Anda untuk menyingkirkan sakit mata anda dengan cepat.

11. Menggunakan daun sirih

Khasiat daun sirih sudah sangat banyak diketahui masyarakat nusantara secara meluas. Disamping efektif untuk mengobati dan menyembuhkan sakit mata, daun sirih merupakan antiseptic yang sangat mujarab membersihkan lendir-lendir di dalam mata. Caranya siapkan lima lembar daun sirih segar. Masaklah air cukup untuk sepiring atau lebih kurang 600cc air bersih, sambil menunggu air mendidih, cuci bersih daun sirih dan remas-remas atau hancurkan daun sirih di atas piring (lebih baiknya anda gunakan piring porselain), hal ini untuk mengeluarkan getah dan zat antiseptic daun sirih dan untuk mengetahui seberapa banyak kotoran pada mata anda.

Setelah air mendidih tuangkan ke dalam piring yang sudah berisi remasan daun sirih tadi. tunggu hingga air sampai dingin kemudian saring airnya. Langkah berikutnya rendamlah mata Anda yang sakit atau kemasukan debu pada piring yang berisi air sirih yang telah disaring, sambil di rendam lakukan gerakan buka dan tutup mata anda dalam air sirih tersebut, lakukan ini lebih kurang 2 menit utuk setiap bagian mata. kemudian ulangi lagi sampai anda merasakan bahwa debu sudah bersih dari mata anda. Namun jika anda megalami sakit mata lakukan secara rutin 3 hari berturut-turut.

12. Menggunakan bawang putih

Selain untuk bumbu masakan, bawang putih juga bisa untuk mengobati sakit mata Anda. Caranya dengan basuh muka dengan air yang bersih hingga mata terbebas dari kotoran-kotoran kemudian keringkan dengan menggunakan handuk bersih. Ambil satu siung bawang putih yang telah di cuci bersih. Potong bagian ujung bawang sedikit. Gosokkan secara perlahan ujung bawang putih yang telah di potong tadi sejajar dengan akar bulu mata. Jangan digosokkan di bagian kelopak atas, sebaiknya gosokkan saja di bagian kelopak mata bawah. Tunggu beberapa saat hingga menimbulkan rasa perih, geli, bahkan gatal hingga membuat kepala seolah-olah bergoyang. Tahan, jangan langsung di cuci. Ulangi lagi langkah diatas dengan beberapa kali, agar bisa memberikan hasil maksimal.

13. Menggunakan daun melati

Daun melati juga bisa membantu proses penyembuhan sakit mata secara alami. Caranya dengan mengambil satu genggam daun melati, tumbuk halus, kemudian tempelkan pada dahi. Bila sudah mengering ganti dengan yang baru. Ulangi sampai sembuh.

Semoga Bermanfaat Informasi yang diberikan. Selamat mencoba Tips pengobatannya..
Terimakasih Telah berkunjung Selamat Akhir Pekan untuk Anda Semua_

Artikel terkait :

> cara menyembuhkan mata minus dengan cepat 
> Cara menyembuhkan mata berlemak 
> Cara menyembuhkan mata berkung - kunag 
> Cara menyembuhka buta warna

Komentar